OTOMANIA
KERUSAKAN PADA BAGIAN SISTEM KELISTRIKAN
PADA MOTOR 4 TAK
Sistem pengisian baterai kurang sempurna, masalah pada pengisian aki terdapat di kerusakan pada aki dan kerusakan pada sistem pengisian. Beberapa penyebab pengisian aki tidak sempurna pada aki antara lain adalah sebagai berikut :
· Busi rusak
· Sel aki rusak
· Sambungan kabel rusak
· Regulator tidak normal
· Coil pengisian rusak
CARA MENEMUKAN PERMASALAHAN DAN SOLUSINYA :
1. Periksa kondisi percikan api busi pada system pengapian.
Tidak Normal Cara : dengan menghubungkan busi dengan kabel busi dan menghasilkan percikan api lemah, kecil, dan berwarna merah, tidak memercikan api.
Solusi Ganti busi
JIKA NORMAL
2. Periksa kondisi sel aki.
Tidak Normal Cara : Kita amati kondisi aki apakah pada kutub (+) dan (-) aki berkarat atau berkerak (warna kuning) atau kotor.
Solusi Bersihkan kerak pada sel aki dengan menggunakan amplas atau sikat terlebih dulu lalu air panas kemudian bias gunakan oli agar tak berkarat, Apabila sel telah keropos atau rusak, sebaiknya ganti aki hidari memukul keras2 aki karena dapat merusak sel2 aki.
JIKA NORMAL
3. Periksa kabel dan sambungan aki.
Tidak Normal Cara : Amati kondisi kabel dan sambungan apakah terdapat kerusakan (putus atau terkelupas) karena dapat menyebabkan korslet.
Solusi Perbaiki sambungan dengan mengisolasi ulang sambungan yang rusak atau ganti kabel. Perhatian, isolasi sambungan sebaik mungkin supaya terhindar dari korsleting.
JIKA NORMAL
4. Periksa regulator
Tidak Normal Cara : Periksa dengan menggunakan ohmmeter apabila jarum tak bergerak regulator rusak.
Solusi ganti regulator
JIKA NORMAL
Jika regulator normal, disimpulkan penyebab kerusakan adalah pada coil pengisian (putus atau terbakar).
Solusi, coil bisa digulung ulang atau diganti. Coil gulung ulang biaya relatif lebih murah, tetapi hasilnya kurang sempurna. Sebaiknya koil diganti dengan yang baru dan berkualitas.
Referensi Pustaka :
Suwarto, Toto. 2007. Mencari dan Memperbaiki Kerusakan Sepeda Motor 4 Tak. Jakarta. Penerbit Kawan Pustaka